Mendidik

Standard

Beberapa hari ini emosi naik turun menghadapi perilaku mahasiswa. Jika terlambat mengumpulkan tugas, ribuan alasannya; pun demikian jika lalai mengerjakan sesuatu. Satu dua kali, dapat dimaklumi. Tetapi ini terjadi berulang kali dan membuat saya merenung, “Adakah yang salah dalam proses mendidik ini?” Saya berdoa untuk kesabaran dan hikmat untuk mendidik murid-murid saya. Ingin sekali rasanya memperlakukan anak-anak ini laiknya orang dewasa, seperti para profemssor saya mengajar saya dulu waktu kuliah.

Tetapi, acapkali saya memutuskan untuk tidak mengurusi masalah-masalah kecil seperti keterlambatan dan pengabaian tugas, hati kecil saya terusik, “Apakah benar saya sedang mendidik mereka atau sebenarnya saya hanya sekadar membantu mereka mendapat ilmu baru?” Mendidik ternyata sangat berbeda dengan mengajar. Mendidik memerlukan energi dan penguasaan emosi yang tangguh, ditutup dengan kasih, pengampunan, dan kedisiplinan.

Para pendidik, jika hari ini kau merasa energimu terkuras habis untuk “ngomel” atau emosimu diaduk-aduk saat seharusnya kau bisa tersenyum dan tertawa tetapi harus “diam”, percayalah, buahnya akan indah dari pada sekadar berunjuk sikap apatis dan pura-pura baik namun sama sekali tidak mendidik anak-anak kita.

Karena kasih tidak bisa dipisahkan dengan ketaatan dan kedisiplinan. Selamat mendidik.

2 responses »

  1. Dear Prima, apa kabar?🙂
    Lama sekali ya tidak berkabar. Sudah rampung kah studi di Amerika?
    Senang sekali dengar ada adik kelas yang dapat fulbright😉

    Ohya Prima, bisakah minta alamat e-mailmu? Aku mau minta tolong sesuatu nih.
    Please let me know ya, di e-mail yang ini saja: challida.hikmarani[at]gmail.com

    Take care,
    Mbak Rani

Leave a Reply

