Abraham Bintang

Standard

“Jika punya anak, siapa namanya nanti?” “Bintang,” jawab kami serempak, sepuluh tahun yang lalu.

Sedari bersahabat, saya dan suami saya jarang bertemu meskipun rumah kami berdekatan. Waktu sama-sama masih di kampung, saya masih malu untuk keluar rumah. Waktu saya sudah SMA, dia pindah ke Jogja. Waktu saya pindah ke Jogja, dia kerja di Solo. Waktu dia kerja di Jogja, saya pindah ke Surabaya. Setelah kami menikah, dia ke luar pulau. Setelah dia pulang balik, saya berangkat ke Amerika. Maka, jika rindu, kami sering keluar rumah dan memandangi bintang. Yang menjadi obat rindu, adalah ketika kami yakin, kami sedang memandang bintang yang sama. Bintang itulah, yang mendekatkan kami. Bintang yang membuat mata kami memandang hanya kepadanya. Saat telpon, surat, dan internet tidak dapat membendung kerinduan kami, atau mendamaikan perbedaan, memandang Satu Bintang itulah yang kami lakukan. Sang Bintang, Bintang Timur itu.

Lalu, kenapa Abraham? Siapa Abraham? Kenapa Abraham disebut bapa orang beriman?

Kisah panjang Bapa Abraham sungguh menginspirasi hidup kami. Bapa Abraham tidak tahu kemana harus pergi, tapi ketika Tuhan suruh, dia pergi jua. Bapa Abraham tidak percaya waktu istrinya yang sudah tua dinyatakan hamil; tapi, saat Tuhan yang bicara, dia percaya jua. Bapa Abraham pernah jatuh dalam imannya, tapi, Allah bangkitkan jua. Bapa mencintai Abraham meskipun dia jatuh bangun dalam perjalanan imannya. Abraham, demikianlah kami menamakan anak ini sebagai monumen, ketika kami jatuh bangun dalam iman, Bapa tetap mengasihi dan menguatkan. Abraham Bintang, jadilah anak yang hidup dalam iman, anugerah Yesus Kristus, dan bersinarlah dalam imanmu, sekalipun sekelilingmu gelap.

Leave a Reply

