Tujuh Bulan, Bintang Kecilku

Standard

5 Agustus 2015, Sudah satu bulan ini bintang kecilku makan pendamping asi. Memasuki usia tujuh bulan, saya memberikannya porsi lebih, kekentalan lebih, dan variasi yang lebih beragam. Di titik ini, saya belum menggunakan gula dan garam, tapi boleh lah mencampur sedikit keju di dalamnya. Bintang kecilku suka sekali. Tidak satu pun makanan dia tolak, sampai sejauh ini.

Mengenai pertumbuhan motoriknya, dia sudah duduk lebih tegak, sudah banyak bergoyang, dan selalu minta berdiri. Dia juga sudah sangat mahir menggerak gerakkan jarinya. Dia belajar bersalaman, toast, dan memanggil cicak dengan menggerakkan jari jemarinya yang mungil itu.

Puji Tuhan, sampai usia ini Bintang kecilku tidak pernah sakit. Tetapi, dia sudah pintar merengek jika kemauannya tidak dituruti. Saya juga heran, dari mana dia belajar menciptakan batuk-batuk atau tangisan palsu yang segera akan berubah menjadi senyuman puas ketika kami memenuhi apa yang dia inginkan. Lucu sekali. Tapi, hal ini membuat kami semakin waspada untuk menolongnya mengerti kelemahan kelemahan dan keterbatasan, dan membantunya untuk mengenali bahwa dia perlu penolong, dia perlu kasih karunia.

Kemampuan lainnya yang berkembang dari bintang kecilku adalah kemampuan menyanyi. Sekarang, kata-katanya sudah lebih bervariasi. Selain “mamamamama …….” Ada juga “Mbah …. Mbah … bah … bah…” atau “cha … cha … ta … ta …” dan juga “ buzzzz …. Buzz… buzz.” Suatu ketika, kami mengajaknya pulang kampung. Sesampainya di kampung, si bintang kecil tidak mau bicara sama sekali, kata katanya menghilang entah ke mana. Hmmmm … prediksi kami sih mungkin karena dia harus beradaptasi dengan lingkungan baru. Dua minggu kemudian, setelah kembali ke Surabaya, suaranya pun kembali. Horeeee …

Terima kasih, Bapa, untuk usia tujuh bulan ini. Anakku tumbuh mengenal Engkau, itu doa kami.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s