Sekolah Rumah

Standard

Sebagai penggiat pendidikan, saya termasuk ibu pekerja yang mendukung konsep sekolah dari rumah. Maka, saya membuat rumah sedemikian rupa sehingga menyerupai tempat belajar bagi anak saya. Rumah bukan hanya berarti tempat tinggal, tetapi juga meliputi orang orang serta kegiatan yang dilakukan di dalamnya.

Pijatan Ibu yang Terbaik

2016-06-18-00-09-36_deco

Ayo belajar memijat sendiri

Ibu belajar memijat dari eyang putri yang sejak Bintang kecil lahir sudah dengan tekun memijatnya. Selain dari eyang putri, ibu melihat dari Youtube dan buku, berguru pada bidan desa, serta belajar dari rumah baby spa. Dengan segala ilmu itu, dari bayi Bintang kecil sudah terbiasa dipijat oleh ibunya sendiri. Mengapa memijat sendiri jauh lebih berdampak? Selain sentuhan yang semakin lekat dengan bayi, masa-masa dipijat adalah momen untuk menunjukkan bahasa kasih kepada anak kita. Masa mereka benar-benar menikmati sentuhan tangan kita. Dari pijatan itu, mereka memhami bahwa kita sangat mengasihi mereka dan peduli pada tubuh dan perasaan mereka. Ujungnya, attachment yang kuat, badan yang bugar, emosi yang sehat akan melekat pada anak dan orang tua.

Berenang sejak dini

Sesibuk apa pun, sebagai orang tua pekerja, upayakan punya waktu untuk mengajak si anak berenang. APakah kita harus bisa? Nope. Saya sama sekali tidak bisa berenang. Tetapi, berenang sangat bagus untuk melatih koordinasi tubuh anak. Saat berenang, semua organ bergerak. Itu menyehatkan.

 

Bermain Alat Musik

Entah nantinya anak kita menyukai atau berbakat di bidang musik atau tidak, musik adalah sebuah terapi. Ketika kita mengenalkannya dari dini, itu akan menolongnya mengembangkan sensitivitas, kreativitas, dan imajinasi.

Buku ya Buku

2016-06-18-00-02-04_deco

 

Setelah mempelajadi, mendiskusikan, dan meneliti selama beberapa tahun belakangan ini, saya menyimpulkan bahwa buku adalah terapi terbaik untuk menghindarkan anak dari pengaruh buruk gawai atau gadget. Banyak orang tua yang berkonsultasi pada saya bagaimana menyembuhkan anak anak dari kecanduan gadget. Selain serentetan tips yang menyesuaikan karakter anak, menyediakan buku sebagai alternatif bermain adalah jawabannya. Anak bisa suka membaca bukan karena bukunya bagus tetapi karena dia punya pengalaman yang indah saat membaca di tahun tahun pertama hidupnya.

Melukis-Mengenal Warna

Selain musik dan olah raga, aktivitas sensorik yang berkaitan dengan warna sangat baik untuk merangsang perkembangan kognisi dan imajinasi anak. Saya membuat bahan bahan mewarnai dari bahan makanan sehingga aman untuk anak. Lalu, agar anak tidak sembarangan mencorat coret tembok, saya menyediakan satu tembok khusus yang saya tempeli kertas manila putih (besar-bisa bekas kalender), sehingga anak belajar melukis atau menggambar di tempat yang tepat. Hal ini untuk mengajarkan disiplin kepada anak juga.

Barang Bekas

20160328_093643

Bermain mi sisa

Kami orang tua yang punya prinsip bahwa permainan yang baik adalah jika tidak ada permainan (jadi). Oleh kareanya, rumah kami dipenuhi dengan barang bekas seperti kaleng, kardus, kertas untuk menjadi inspirasi mainan bagi si kecil. Melihat barang-barang ini (warna warni kemasannya), si kecil tidak tahan untuk tidak mengambil dan mengkreasikannya sesuai imajinasinya. Itulah permainan yang sejati.

Binatang Favorit

Dari buku, si Bintang kecil tahu nama nama binatang. Yang menjadi favoritnya adalah kuda, sapi, dan gajah. Meskipun kami kurang setuju dengan konsep kebun binatang (yang mengurung hewan-hewannya di kandang), tapi, pelajaran ke kebun binatang menjadi pengalaman yang sangat baik bagi perkembangan literasi anak.

 

Sekolah adalah sarana untuk membantu orang tua mendidik anak, tetapi, pendidikan yang paling utama adalah DARI RUMAH. Cheers …

One response »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s